Fatawa Haji & Umrah

63. Apakah sunnah yang harus dilakukan jamaah haji yang akan berkurban?

63. Soal:
Apakah sunnah yang harus dilakukan jamaah haji yang akan berkurban?

Jawab:
Jika yang dimaksudkan berkurban adalah menyembelih kurban baik itu hadyu (contoh : bagi yang mengambil haji tamattu’ atau qiraan) ataupun kurban biasa, maka sunnah-sunnah yang perlu diperhatikan pada dasarnya sama, diantaranya :

– Memilih hewan sembelihan yang terbaik.
– Menyembelih sendiri hewan tersebut atau menyaksikannya.
– Memperhatikan adab-adab menyembelih: seperti: bacaan takbir ketika menyembelih, menajamkan pisau, posisi hewan kurban dan lainnya.
– Membagikan dagingya ke fakir miskin yang berada di haram Mekkah.
– Memakan sebagian dari daging sembelihan.
Dan Alhamdulillah, saat ini terdapat kounter-kounter yang terdapat di sekitar Masjid al-Haram dan di sekitar Mina yang dapat diwakilkan kepadanya penyembelihan kurban, hadyu bahkan fidyah, yang insya Allah pelaksanaannya sesuai dengan tuntunan yang disyariatkan.

Baca Juga  88. Bila Seorang niat haji tamattu, namun belum melaksanakan umrah hingga menjelang wukuf dikarenakan udzur, apa yang harus dia lakukan?  

Markaz Inayah

Markazinayah.com adalah website dakwah yg dikelola oleh Indonesian Community Care Center Riyadh, KSA. Isi dari website ini adalah kontribusi dari beberapa mahasiswa Indonesia yang saat ini sedang menempuh pendidikan di beberapa universitas di Arab Saudi.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Klik
Kami siap melayani anda
Anda terhubung dengan admin
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Afwan, ada yang bisa kami bantu?