Tarbawi

NIKMAT AGUNG ITU BERNAMA HIDAYAH ISLAM

Defenisi kenikmatan untuk sebagian orang akan berbeda-beda tergantung dari sisi apa ia melihatnya, Begitu banyak nikmat yang Allah Ta’ala berikan kepada hamba-hambanya, Allah berfirman Ta’ala, ”Dan segala nikmat yang ada padamu (datangnya) dari Allah …” (An-Nahl : 53). Sebagai muslim yang kuat keimanannya kepada Allah Ta’ala berkeyakinan ada dua nikmat yang agung di antara nikmat-nikmat Allah Ta’ala yang lainnya,

Nikmat yang pertama adalah nikmat hidayah islam atau iman, inilah nikmat di dunia ini yang kelak akan membuat takjub dan disyukuri oleh penghuni surga dan berkata, “Segala puji bagi Allah Ta’ala yang telah menunjukan kami ke (surga) ini. Kami tidak akan mendapat petunjuk sekiranya Allah tidak menunjukan kami…” (Al-‘Araf : 43).

Hidayah islam dan iman adalah salah satu nikmat yang akan membawa seorang hamba masuk kedalam surga Allah Ta’ala yang merupakan nikmat kedua setelah islam. Nikmat tidak selalu berputar pada harta kekayaan, jabatan dan lain sebagainya tetapi Allah Ta’ala telah menjelaskan di dalam Al-Qur’an bentuk kenikmatan itu adalah diberikan petunjuk berupa jalan yang lurus Allah Ta’ala berfirman :

صِرَاطَ الَّذِيۡنَ اَنۡعَمۡتَ عَلَيۡهِمۡ…

“(yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya…” ( Al-Fatihah : 8)

Di ayat lain menafsirkan ayat di atas Allah Ta’ala berfirman:

وَمَنۡ يُّطِعِ اللّٰهَ وَالرَّسُوۡلَ فَاُولٰٓٮِٕكَ مَعَ الَّذِيۡنَ اَنۡعَمَ اللّٰهُ عَلَيۡهِمۡ مِّنَ النَّبِيّينَ وَالصِّدِّيۡقِيۡنَ وَالشُّهَدَآءِ وَالصّٰلِحِيۡنَ​ ۚ وَحَسُنَ اُولٰٓٮِٕكَ رَفِيۡقًا‏ ٦٩

“Dan barang siapa menaati Allah dan Rasul (Muhammad), maka mereka itu akan bersama-sama dengan orang yang diberikan nikmat oleh Allah, (yaitu) para nabi, para pecinta kebenaran, orang-orang yang mati syahid dan orang-orang saleh. Mereka itulah teman yang sebaik-baiknya.” (An-Nisa : 69).

Ketika kita diberi nikmat oleh Allah Ta’ala berupa nikmat islam dan iman maka itu sama dengan nikmat yang Allah berikan kepada ) para nabi, para pecinta kebenaran, orang-orang yang mati syahid dan orang-orang saleh.

Baca Juga  Sebab-Sebab Ampunan (5)

Maka jawaban dari nikmat yang Allah Ta’ala berikan kepada kita adalah Syukur, Ketika kita bersyukur dengan nikmat yang Allah berikan akan ditambahkan nikmat tersebut, bersyukur dengan nikmat islam dan iman yang Allah berikan niscaya Allah tambahkan berupa taufiq dalam menjalankannya.

Hamdy Arifan Halim, S.H.

Mahasiwa S1, Universitas Al Qashim, Arab Saudi

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Klik
Kami siap melayani anda
Anda terhubung dengan admin
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Afwan, ada yang bisa kami bantu?