Mulianya Sabar

36

Kehidupan silih berganti menguji setiap insan, tak jarang banyak hal yang akan membuat kita sebagai hamba larut dalam setiap kondisi. Hidup dengan mudah bukan berarti tanpa masalah dan hidup dalam kesusahan juga bukan jaminan bahwa kita hidup penuh dengan ujian. Setiap insan yang lahir di dunia ini tentu mempunyai masalah dalam hidupnya, setiap insan yang terlahir tentu mempunyai ujian dalam hidupnya sebagaimana firman Allah :

﴿ أَحَسِبَ النَّاسُ أَنْ يُتْرَكُوا أَنْ يَقُولُوا آمَنَّا وَهُمْ لَا يُفْتَنُونَ وَلَقَدْ فَتَنَّا الَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ فَلَيَعْلَمَنَّ اللَّهُ الَّذِينَ صَدَقُوا وَلَيَعْلَمَنَّ الْكَاذِبِينَ

Artinya:“Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi? dan Sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan Sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.” (QS. Al Ankabut : 2-3)

Dalam ayat tersebut menjelaskan kita sebagai ummat tidak hanya dikatakan beriman tanpa adanya ujian dari Allah, sebagaimana orang-orang terdahulu yang di uji oleh Allah.

Namun walaupun setiap kita tentu mempunyai ujian dalam kehidupan tentunya orang-orang yang hidup dalam ketaatan dan bersabar dalam segala ujian kehidupan yang di alami tentu akan mendapatkan balasan dan di angkatnya derajat orang – orang yang bersabar.

Di dalam Al Qur’an, Allah ta’ala berfirman :

﴾ ﴿ ……إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang bersabar itu akan dipenuhi pahala mereka dengan tiada hitungannya.” (QS. Az Zumar : 10)

Selain itu orang-orang yang sabar memiliki beberapa keutamaan diantaranya:

  1. Kesudahan yang baik Allah Ta’ala menjanjikan orang-orang yang sabar menuai kesudahan yang baik setelah melewati cobaan dan ujian yang diberikan.

  1. Keberuntungan
    Allah Ta’ala akan memberikan keberuntungan bagi orang-orang yang sabar.

  1. Disukai Allah

Orang-orang yang senantiasa bersabar akan mendapatkan kecintaan dari Allah Ta’ala, dan juga Allah akan bersamanya.

  1. Diberi Petunjuk

Allah bakal memberikan kabar gembira, petunjuk, berkah, dan rahmat-Nya kepada orang-orang yang sabar.

  1. Martabat yang Tinggi di Surga di Akhirat,

Allah menjanjikan martabat yang tinggi bagi setiap orang yang menjalani kehidupan di dunia dengan sabar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.