Fatawa Haji & Umrah

22. Apa yang harus dilakukan jika seorang thawaf dan lupa jumlah thawafnya?

22. Soal:
Apa yang harus dilakukan jika seorang thawaf dan lupa jumlah thawafnya?

Jawab:
Jika ia lupa jumlah thawafnya, maka ia harus berusaha mengingat jumlah yang sesungguhnya, jika prasangkanya kuat terhadap jumlah tertentu dan didukung dengan bukti maka ia berpatokan pada jumlah itu, namun jika tetap ragu maka ia harus berpegang kepada jumlah yang ia yakini dan mengabaikan jumlah yang ia ragukan. Misalnya, ia ragu apakah sudah menyelesaikan 5 putaran atau masih 4 putaran, dalam kondisi ini ia harus berpegang pada angka 4 karena ia yakin telah menyelesaikan 4 putaran dan mengabaikan angka 5 karena ia ragu apakah telah menyelesaikan 5 putaran atau belum. Di sini, angka 5 yang diragukan sehingga harus diabaikan.

Baca Juga  21. Setelah melaksanakan thawaf disunnahkan shalat dua raka'at. Apakah membaca surat al Kafirun pada rakaat pertama dan al Ikhlash pada rakaat kedua wajib? Apakah berdosa jika membaca surah lain?

Markaz Inayah

Markazinayah.com adalah website dakwah yg dikelola oleh Indonesian Community Care Center Riyadh, KSA. Isi dari website ini adalah kontribusi dari beberapa mahasiswa Indonesia yang saat ini sedang menempuh pendidikan di beberapa universitas di Arab Saudi.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Klik
Kami siap melayani anda
Anda terhubung dengan admin
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Afwan, ada yang bisa kami bantu?