Sedekah itu Kasih Sayang

309

Selamanya kita selalu memuji Allah atas anugerah islam ini, agama kasih sayang yang terangkum padanya segala makna kasih sayang itu sendiri, dan salah satu aplikasinya adalah “sedekah”.

Jika kita menengok hadits berikut ini, akan kita dapati bahwa segala kebaikan dan kasih sayang yang kita berikan kepada orang lain pada hakikatnya adalah sedekah kita untuknya. Rasulullah shallallahu ‘alaihiwasallam bersabda:

ﻋﻠﻰ ﻛل ﻣﺳﻠم ﺻدﻗﺔ”، ﻓﻘﺎﻟوا: ﯾﺎ ﻧﺑﻲ ﷲ، ﻓﻣن ﻟم ﯾﺟد ؟، ﻗﺎل: “ﯾﻌﻣل ﺑﯾده ﻓﯾﻧﻔﻊ ﻧﻔﺳﮫ وﯾﺗﺻدق”، ﻗﺎﻟوا ﻓﺈن ﻟﻣﯾﺳﺗطﯾﻊ أو ﻟم ﯾﻔﻌل ؟، ﻗﺎل: “ﯾﻌﯾن ذا اﻟﺣﺎﺟﺔ
اﻟﻣﻠﮭوف”، ﻗﺎﻟوا ﻓﺈن ﻟم ﯾﻔﻌل ؟، ﻗﺎل: “ﻓﻠﯾﺄﻣر ﺑﺎﻟﺧﯾر أو ﻗﺎل ﺑﺎﻟﻣﻌروف”، ﻗﺎﻟوا ﻓﺈن ﻟم ﯾﻔﻌل؟، ﻗﺎل: ﻓﯾﻣﺳك ﻋن اﻟﺷر ﻓﺈﻧﮭﺎ ﻟﮫ ﺻدﻗﺔ”.

“Setiap muslim harus bersedekah.” Mereka bertanya, “Wahai Nabi Allah, jika ia tida kpunya?”, Nabi shallallahu‘alaihi wasallam bersabda: “Dia bekerja dengan kedua tangannya, maka ia memberikan manfaat untuk dirinya lalu bersedekah.” Mereka bertanya lagi: “Jika ia tidak mampu atau tidak melakukannya?” Beliau menjawab, “Ia menolong orang yang kesulitan.” Mereka kembali bertanya, “Jika ia tetap tidak melakukannya?”, Beliau menjawab, “Hendaklah ia memerintahkan berbuat kebajikan atau yang makruf.” Mereka kembali bertanya, “Jika ia tetap tidak melakukannya?”, Beliau menjawab, “Hendaklah ia menahan diri dari perbuatan jahat, hal itu sudah merupakan sedekah baginya”. (HR. Bukhari).

Hadits ini menyimpulkan bagi kita pintu-pintu sedekah yang ternyata bukan sebatas memberikan harta kepada orang papa, namun pintu-pintu sedekah itu sangatlah banyak, bermula dari sedekah atas diri kita sendiri dan berhenti pada orang yang membutuhkan di sekeliling kita.

Ketika kita bekerja memenuhi kebutuhan pribadi kita, dan ketika kita membantu orang yang membutuhkan atau menyingkirkan duri dari jalan, dan apapun yang anda lakukan untuk kebaikan orang lain, pada hakikatnya adalah sedekah dari kita untuk mereka.

Sungguh, betapa indahnya agama ini, ia selalu mengikat kehidupan dunia kita dan segala bentuk pemanfaatannya dengan balasan akhirat yang kekal. Semoga kita semua menjadi orang terdepan dalam menyebarkan kasih sayang di mayapada ini. Amin.

Leave A Reply

Your email address will not be published.