Gembirakan Mereka Di Hari Ini

23

Idul Fitri merupakan momentum istimewa bagi seluruh kaum muslimin, setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa, fokus dengan tilawah Al-Quran, dan salat tarawih. Ia adalah anugerah Allah untuk kaum muslimin yang digembirakan dengan merayakan hari berbuka dari puasa Ramadan. 

 

Agar kegembiraan itu menyeluruh, bukan saja terbatas pada keluarga, tetangga juga karib kerabat, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menuntun kita untuk mengikutsertakan kaum fakir miskin dalam kegembiraan ini. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:  

اغنوهم في هذا اليوم 

Cukupkanlah mereka (dari meminta-minta) dihari (ied) ini. (HR. Ad-Daraquthniy & Al-Baihaqiy). 

 

Di samping itu, di antara hal yang juga menanamkan kebahagiaan yang sering terpikirkan pada momen terbaik ini adalah menyambung kembali silaturahim, dan merekonsiliasi hubungan yang selama ini renggang atau mungkin saja retak dengan sanak saudara dan kerabat. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam: 

ألا أخبركم بأفضل من درجة الصيام والصلاة والصدقة ؟، قالوا بلى يا رسول الله، قال: إصلاح ذات البين، وفساد ذات البين هي الحالقة. 

Maukah kalian saya beritahu suatu hal yang lebih utama daripada derajat puasa, shalat dan sedekah? Para sahabat menjawab, “Tentu ya Rasulallah!” Lalu Nabi bersabda, “Hal tersebut adalah  mendamaikan perselisihan, karena karakter perselisihan itu membinasakan” (HR. Abu Daud) 

. 

Terlebih di saat sekarang ini, di mana pandemi covid 19 yang berkepanjangan ini telah merenggangkan hubungan antar sesama masyarakat. Meskipun demikian, kita sebagai muslim janganlah sampai melupakan hak-hak jiran untuk diziarahi, dihadiahi dan dibahagiakan, sebagai implementasi dari wasiat Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam: 

مازال جبريل يوصيني بالجار حتى ظننت أنه سيورثه 

“Jibril tak henti-hentinya berwasiat kepadaku agar berbuat baik kepada tetangga, hingga aku beranggapan bahwa ia (Jibril) akan menjadikan tetangga sebagai ahli waris.” (Muttafaq Alaih). 

 

Juga hendaknya kegembiraan Idul Fitri tidak melupakan diri kita dari mendoakan karib kerabat dan handai taulan yang telah dahulu meninggalkan kita; semoga Allah membahagiakan mereka sebagaimana Dia telah membahagiakan kita semua. 

 

semoga Idul Fitri ditahun ini menjadi hari raya terbaik dari yang sebelumnya, dan semoga kita telah mengambil manfaat dari madrasah Ramadan dan lebih giat lagi dalam meneladani pribadi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.