Buku Refleksikan Hajimu

Segala puji bagi Allah Rabb semesta alam, shalawat dan salam teruntuk Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, keluarga, para shahabat, dan para pengikutnya hingga akhir zaman.

Detik per detik dalam ibadah haji adalah kesempatan emas bagi jamaah haji untuk menempa jiwa, memusatkan pikiran dalam menilai kualitas ibadah yang selama ini telah dijalani. Tempat dan waktu yang suci ini telah didesain untuk menjadi sarana perenungan; bahwa kita adalah hamba yang tak mampu keluar dari orbit kepatuhan kepada Sang Khalik, Allah Subhanahu wata’ala.

Buku “Refleksikan Hajimu!” ini berisi 20 tema terkait pendidikan ilahi yang terkandung dalam rangkaian manasik haji. Disusun oleh Tim Ilmiah Indonesian Community Care Center [IC3] yang terdiri dari mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh studi di Kerajaan Arab Saudi sebagai bentuk kontribusi putra bangsa bagi para tamu Allah, jamaah haji Indonesia. Dengan membaca buku ini, diharapkan jamaah haji dapat menemukan nilai-nilai luhur dalam ibadah haji dan mengabadikannya sepulang mereka ke tanah air.

Berangkat dari prinsip yang sangat mendasar bahwa ibadah haji adalah salah satu cara Allah dalam mendidik umat Islam untuk menjadi pribadi yang unggul, maka kami berusaha menyajikan ulasan materi yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Derajat hadits-hadits yang dijadikan dalil pun tidak keluar dari lingkaran shahih dan hasan dengan merujuk kepada ulama’ pakar hadits yang terpercaya.

Meski demikian, tetap saja ini adalah upaya manusia yang tak luput dari salah. Koreksi para pembaca sangat kami nantikan guna perbaikan dan kemanfaatan buku ini. Akhir kata, semoga Allah Subhanahu wata’ala berkenan menganugerahkan keikhlasan dalam berilmu dan beramal.

Riyadh, Rabiul Awwal 1436 H

Tim Ilmiah IC3

Download Buku

You might also like More from author

Leave a comment
k