Buku Ketika Tanah Suci Berbicara

Semangat masyarakat Indonesia untuk mengunjungi tanah suci sangat menggembirakan. Ditandai dengan panjangnya daftar tunggu calon peserta haji dan maraknya jamaah umrah yang datang silih berganti.

Fenomena ini adalah harapan besar terwujudnya kebangkitan umat, karena ibadah haji dan umrah adalah salah satu sarana Allah Ta’ala dalam mendidik umat ini untuk menjadi insan bertakwa; memiliki hubungan baik dengan Allah dan menjadi orang bermanfaat untuk manusia dan alam semesta. Namun, dua ibadah di tanah suci ini akan berfungsi ideal manakala para jamaah berusaha untuk menangkap pesan dan nilai-nilai luhur yang dikandungnya.

Bukan hanya itu, tempat-tempat di tanah suci ini sangat tertaut erat dengan sejarah Islam sebagai agama rahmat untuk seluruh alam. Di sini Rasulullah -shallallahu ‘alaihi wasallammendapat wahyu untuk mengingatkan manusia akan misi penciptaannya, mendidikkan budi pekerti mulia, dan menanamkan prinsip-prinsip hidup guna memetik buah manisnya di kampung akhirat yang kekal dan abadi.

Memang tidak semua tempat-tempat tersebut disyariatkan untuk kita kunjungi, tetapi seluruhnya memiliki cerita tak sembarang cerita. Tim ilmiah Indonesian Community Care Center [IC3] mencoba untuk menyusunnya dalam buku sederhana ini. Harapannya, para pembaca dapat menghadirkan pesan tersembunyi di balik tempat bersejarah ini untuk dibenamkan dalam hati sanubari dan dipancarkan dalam kehidupan nyata.

Tim berusaha untuk menyandarkan keterangan dan pelajarannya pada dalil-dalil yang shahih mengingat hal ini bagian dari agama yang menuntut tanggung jawab ilmiah. Meski demikian, ini adalah upaya manusia yang tak luput dari lalai dan salah. Oleh karenanya, jika para pembaca mendapatkan kesalahan itu mohon kiranya berkenan untuk mengingatkan kami melalui sarana yang ada.

SELAMAT MEMBACA, SEMOGA BERMANFAAT!

Riyadh, Rabiul Awwal 1435 H

Tim Ilmiah IC3

Download Buku

You might also like More from author

Leave a comment
k