Buku 100 Soal Jawab Seputar Manasik Haji

Rasulullah shallallahu ‹alaihi wasallam bersabda: “Ambillah darikutata cara manasik (haji).” [HR. Muslim]. Salah satu kewajiban seorang muslim adalah mempelajari tata cara ibadah yang akan ia laksanakan agar sesuai dengan apa yang telah disyariatkan oleh Allah Ta’ala, tidak terkecuali ibadah haji, terlebih lagi kebanyakan umat Islam hanya dapat melaksanakan ibadah haji sekali dalam seumur hidup. Oleh karenanya, wajib bagi siapa saja yang hendak melaksanakan ibadah haji mempelajari hukum-hukum dan adab-adab yang berkaitan dengan pelaksanaan ibadah haji agar menjadi haji yang mabrur. Banyak sarana yang dapat membantu mengetahui hukum-hukum dan adab-adab tersebut, di antaranya buku-buku, media elektronik, dan bertanya langsung kepada ahlinya. Bertanya kepada ahlinya adalah sarana yang sangat efektif dan cepat untuk mendapatkan informasi tentang hal tersebut.

Di hadapan pembaca yang budiman adalah kumpulan fatwa-fatwa tentang pelaksanaan ibadah haji yang kami ambil dari berbagai sumber fatwa yang terpercaya, di antaranya:

1. www.binbaz.org.sa

2. www.ibnothaimeen.com

3. www.fatwa.islamweb.net

4. www.islamqa.info

Sumber soal jawab dalam buku ini merujuk kepada pertanyaan-pertanyaan yang banyak ditanyakan oleh jamaah haji tahun 1435 H kepada tim fatwa program Pesantren Haji yang dilaksanakan oleh Markaz Inayah (Indonesian Community Care Center) Riyadh, Saudi Arabia. Dengan diterbitkannya buku ini diharapkan dapat membantu jamaah haji melaksanakan manasik dengan benar dan sempurna. Masukan dan kritikan yang membangun sangat kami harapkan dari pembaca budiman demi menyempurnakan usaha yang sederhana ini.

Akhirnya, kami memohon kepada Allah agar membimbing kita kepada jalan yang lurus dan berlindung kepadaNya dari jalan sesat.

Riyadh, Ramadhan 1436 H

Tim ilmiah

Indonesian Community Care Center

Download Buku

You might also like More from author

Leave a comment
k