Wahana Berbagi Ilmu dan Menebar Dakwah

Asas Dari Perubahan Itu Adalah Dari Aqidah Yang Benar

82

Dewasa ini banyak berkembang tawaran program pengembangan diri. Program yang menawarkan metode menuju perubahan sikap dan perilaku untuk kehidupan yang lebih efektif dan efisien, plus lebih bahagia.

Tentu banyak hal positif yang bisa dipetik dari berbagai program tersebut. Namun, tahukah kita bahwa sesungguhnya perubahan yang benar-benar mendasar hanya bisa didapatkan dari aqidah yang benar.

Aqidah yang benar yang bakal mengantarkan seorang Muslim kepada kehidupan yang lebih berarti dan bermakna. Sebab, aqidah yang benar yang akan memberikan kerangka yang jelas tentang hidup dan kehidupan, serta tujuan asasi kehidupan seluruh makhluk di dunia ini.

Kerangka yang benar tentang hidup dan tujuannya menjadi fondasi bagi perubahan sikap dan perilaku menuju ke bentuk yang benar dan lebih baik. Sebaliknya, tanpa kerangka yang benar tentang hidup dan tujuannya, atau kerangka yang keliru, pasti akan melahirkan pola hidup dan perilaku yang menyimpang.

Tidak heran bila proyek perubahan (baca: dakwah) yang diperkenalkan oleh manusia-manusia utusan Allah subhanahu wata’ala, yaitu para Nabi dan Rasul, dimulai dan menekankan pada aspek aqidah tersebut.

Allah subhanahu wata’ala berfirman:

وَلَقَدْ بَعَثْنَا فِي كُلِّ أُمَّةٍ رَسُولًا أَنِ اعْبُدُوا اللَّهَ وَاجْتَنِبُوا الطَّاغُوتَ

Dan sesungguhnya Kami telah mengutus rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan): “Sembahlah Allah (saja), dan jauhilah thaghut.” (QS. al-Nahl: 36)

Ayat ini menunjukkan bahwa Rasul yang dikirim ke segala umat mengajak kaumnya kepada aqidah yang benar (tauhid). 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.